Text Berjalan

Selamat Datang di SMP Negeri 3 Taliwang - Sumbawa Barat
Jln. Banjar No. 6 Taliwang KSB

Senin, 24 September 2012

LAPORAN HASIL KUNJUNGAN LAPANGAN PESERTA PELATIHAN BANTUAN TEHNIS PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PERBUKUAN


LAPORAN WORKSHOP
BANTUAN TEKNIS PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PERBUKUAN
TINGKAT KABUPATEN SUMBAWA BARAT


Disusun Oleh:

KELOMPOK V

Ketua     :     Drs. Syamsuddin 
                      NIP. 19651011 199412 1 006
Anggota : 1.  Mujiburrahman, S.Pd. MM.
                        NIP 19710519 200012 1 001
                  2. Drs. Nasrum
                      NIP. 19651231 199802 1 018
    3.  Ahmad, S.Ag.
   NIP 19720106 200604 1 016
    4.  Sri Rabiatul Adawiah, S.Pd
        NIP 19700101 199903 2 015
    5.   Rahmawati, S.Pd
        NIP 19821021 200604 2 015
    6.   Adi Jaya, S.Pd.
        NIP 19691010 200501 1 016
    7.   Muhammad Zuhri, S.Pd.
         NIP 19771231 200501 1 027
    8.    Darmi Ratna, SE.MM.
         NIP 19651231 200501 2 057
      

LOKASI SMP NEGERI 1 TALIWANG

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
KABUPATEN SUMBAWA BARAT
TAHUN 2012


LAPORAN HASIL KUNJUNGAN LAPANGAN/WORSHOP
PESERTA PELATIHAN BANTUAN TEHNIS PENGEMBANGAN KURIKULUM
DAN PERBUKUAN  KABUPATEN SUMBAWA BARAT PROPINSI NUSA TENGGARA BARAT

BAB I  PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Mengacu pada tujuan pendidikan nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratais serta bertanggung jawab. Dari dasar ini dikembangkan standar Nasional pendidikan terdiri atas standar isi, standar proses, kompetensi lulusan, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidkan.Dan standar Nasional Pendidikan dijadikan acuan dalam pengembangan kurikulum, tenaga Pendidik dan tenaga kependidikan, pengelolaan, dan pembiayaan. Maka sebagai komunitas Dunia pendidikan harus mampu melaksanakan kurikulum sebagai rencana dan pengaturan   Mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai pendidikan tertentu. Mengingat tuntutan muatan  kurikulum  terus dikembangkan, baik dalam penguatan kurikulum dan penataan kurikulum terus disempurnakan. Maka sejalan hal tersebut perlu dilakukan pelatihan, penataran, workshop bagi setiap stoke holder dunia pendidikan termasuk di dalamnya pelatihan bantuan tehnis pengembangan kurikulum dan pusat perbukuan Kemendikbud dalam rangka peningkatan kompetensi setiap penyelenggara  satuan pendidikan dalam menyusun kurikulum sekolah, termasuk bagaimana mengintegrasikan pendidikan karakter, kewirausahaan, ekonomi kreatif dan pendidikan anti korupsi.
B.   TUjuan
Adapun  tujuan dalam pelaksanaan kunjungan lapangan dalam pelatihan sebagai berikut:
1.      Untuk melihat secara langsung penerapan atau pelaksanaan KTSP .
2. Untuk mengetahui  tatacara dan proses  penerapan  dari salah satu atau beberapa bagian dari nilai-nilai yang terdapat pada pendidikan karakter, kewirausahaan, ekonomi kreatif dan pendidikan anti korupsi  yang tercantum dalam kurikulum sekolah kunjungan.
3.      Langkah-langkah dan upaya strategis dalam penerapan standar Nasional Pendidkan sebagai bagian utama pencapaian tujuan pendidikan Nasional.      
      Hasil yang diharapkan dari kunjungan lapangan secara langsung, maka yang diharapkan :
1.        Ada tidaknya kesesuaian muatan kurikulum sekolah dengan aplikasinya.
2.        Sebagai barometer  apakah kurikulum  sekolah kunjungan sudah memenuhi standar kelayakan atau perlu perbaikan , baik bagi seluruh komponen satuan pendidikan sekolah kunjungan atau pihak yang kompoten termasuk didalamnya TPK,  Dinas Dikpora KSB dan TIM PUSPURBUK  yang tidak lagi disangsikan kemampuannya.
       
                                                                    

BAB II
PELAKSANAAN

A.    Waktu  dan Tempat
       Pelaksanaan kunjungan terlaksana pada hari sabtu, tanggal 22 September 2012 bertempat di SMP Negeri I  Taliwang
      
B.    Profil Singkat Sekolah
Identitas sekolah:
-          Nama sekolah                               : SMP Negeri 1 Taliwang
-          NPSN                                           : 50204309
-          Tahun didirikan                              : 1963
-          Akreditasi                                      : B
-          Jumlah peserta didik                       : 533
-          Jumlah Tenaga Pendidik                  : 37, 
-          Jumlah tenaga Kependidikan           :  15
-          Jumlah Rombongan Belajar             : 17
-          Kondisi Sekolah                             : baik
-          Kondisi Lingkungan Sekolah           : bersih dan tertata rapi

C.             Strategi Kegiatan
·         Wawancara:
1. Dua orang ditugaskan untuk mewawancarai kepala sekolah dan guru PAI dengan instrument yang tersedia dalam rangka mendapatkan bukti fisik dan informasi lain tentang KTSP baik dokumen I dan Dokumen II juga penanaman nilai-nilai karakter dalam aplikasi KTSP tersebut
2. Observasi kelas terdiri dari 3 orang untuk melihat hubungan silabus dan RPP sebagai dokumen II
3. Bervasi lingkungan, untuk melihat secara nyata kondisi lingkungan sekolah yang termuat dalam instrument lingkungan dan sarpras (pengambilan gambar langsung)
         

BAB III
HASIL KUNJUNGAN

A. Wawancara
              Anggota kelompok V yang ditugaskan untuk observasi instrument KTSP langsung menemui Kepala Sekolah SMPN 1 Taliwang di ruangnya. Semua topic yang kami tanyakan langsung dilengkapi bukti fisik terutama dokumen I dan Dokumen II yang sudah dibukukan secara lengkap. Sesuai yang terdapat dalam lampiran hasil kegiatan. Kami juga langsung berdialog dengan guru pendidikan Agama Islam tentang penanaman nilai-nilai karakter, baik dalam kegiatan pengembangan diri baik yang terprogram maupun yang tidak terprogram.
B. Observasi kelas.
          Ditugaskan 3 anggota kelompok untuk melakukan observasi kelas disemua tingkat yang sedang berlangsung proses pembelajaran, adapun yang ditemukan sebagai berikut:
1. Kelas VII. 6.
guru mata pelajaran  bahasa inggris melakukan KBM dengan tofik mengungkapkan terima kasih. Dalam KBM tersebut tidak ada bukti fisik berupa silabus dan RPP, tetapi terdapat dalam bentuk Softcopy dan juga dalam dukumen II kurikulum. Selama KBM semua siswa aktif, tekun, dan bertanggung jawab sebagai bagian dari nilai karakter.
2. Kelas VIII.
guru mata pelajaran  bahasa inggris melakukan KBM dengan tofik  Narating Past event. Dalam KBM tersebut  ada bukti fisik berupa silabus dan RPP, tetapi terdapat dalam bentuk Hardcopy dan juga dalam dukumen II kurikulum. Selama KBM , nilai karakter yang ditanamkan adalah kerjasama dan rasa empati.
3.Kelas IX
guru mata pelajaran fisika melakukan KBM dengan tofik Kelistrikan . Dalam KBM tersebut tidak ada bukti fisik berupa silabus dan RPP, hanya  terdapat dalam bentuk  dukumen II kurikulum. Selama KBM Guru sangat jelas dan kumunikatif dalam menyampaikan materi yang mampu menumbuhkan minat belajar peserta didik.
Siswa aktif, tekun, kerja sama dan teliti dalam menghitung nilai potensial listrik sebagai nilai pendidikan karakter.

C.        Observasi Lingkungan
-       Tanaman tertata rapi, rindang dan bersih
-       Halaman depan sekolah sedang dalam tahap renofasi
-       Setiap kelas memiliki bak sampah dan alat-alat kebersihan .
-       Memiliki  TPA  yang berada di belakang kelas VIII.1.
-       Masih perlu diupayakan media informasi berupa poster, stiker dll.
-       Fasilitas penerangan yang lebih memadai .
-       Dibudayakannya Senyum, Salam, salim, dan sapa
-       Terdapat nya  2 ruang kelas yang tidak memajang poto presiden dan wakil Presiden serta lambang Negara.
-       Setiap kelas terpajang hasil karya anak
-       Buku kunjungan tertata baik .
-       Terdapat kurang lebih 5000 eksamplar buku dengan beberapa judul
-       Perpustakaan sering kunjungi oleh peserta didik yang tercatat dalam buku kunjungan
-       MCK perlu ditambah segera karena tidak sebanding dengan jumlah siswa

D.       Observasi Sarana dan Prasarana
-        Jumlah gedung kelas mencukupi jumlah rombel
-        Memiliki laboratorium IPA, bahasa Indonesia-Inggris dan TIK yang lengkap
-        Memiliki perpustakaan yang memadai
-        Memiliki 3 kantin untuk melayani kebutuhan siswa
-        Memiliki tempat ibadah

                      

BAB IV
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

A.      Kesimpulan
1.  Kelengkapan dokumen I dan dokumen II secara kolektif dan mengikuti perubahan yang berkembang menjadi tolak ukur SMPN 1 Taliwang, layak menjadi SSN di KSB
2.  Dalam struktur dokumen I, Bab II akan mengadaptasikan penanaman nilai dan revisi kurikulum dalam waktu dekat
B.      Rekomendasi
Sebaiknya dalam pengembangan diri baik terprogram ataupun tidak terprogram diuraikan dalam bentuk format atau kolom
Guru yang hanya memiliki softcopy silabus dan RPP dalam KBM, sebaiknya harus ada hardcopy sebagai bukti fisik.
C.      Lampiran-lampiran
Foto
Instrumen hasil wawancara, observasi, kunjungan kelas dalam pembelajaran