LAPORAN WORKSHOP
BANTUAN TEKNIS PENGEMBANGAN
KURIKULUM DAN PERBUKUAN
TINGKAT KABUPATEN SUMBAWA BARAT
Disusun Oleh:
KELOMPOK V
Ketua : Drs.
Syamsuddin
NIP. 19651011 199412 1 006
Anggota : 1. Mujiburrahman, S.Pd. MM.
NIP 19710519 200012 1 001
2. Drs. Nasrum
NIP. 19651231 199802 1 018
3. Ahmad,
S.Ag.
NIP 19720106 200604 1 016
4. Sri Rabiatul Adawiah, S.Pd
NIP
19700101 199903 2 015
5. Rahmawati, S.Pd
NIP
19821021 200604 2 015
6. Adi Jaya, S.Pd.
NIP
19691010 200501 1 016
7. Muhammad Zuhri, S.Pd.
NIP
19771231 200501 1 027
8. Darmi Ratna, SE.MM.
NIP
19651231 200501 2 057
LOKASI SMP
NEGERI 1 TALIWANG
DINAS
PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
KABUPATEN
SUMBAWA BARAT
TAHUN 2012
LAPORAN HASIL KUNJUNGAN
LAPANGAN/WORSHOP
PESERTA PELATIHAN BANTUAN
TEHNIS PENGEMBANGAN KURIKULUM
DAN PERBUKUAN KABUPATEN SUMBAWA BARAT PROPINSI NUSA
TENGGARA BARAT
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Mengacu pada tujuan pendidikan nasional adalah berkembangnya
potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri
dan menjadi warga Negara yang demokratais serta bertanggung jawab. Dari dasar
ini dikembangkan standar Nasional pendidikan terdiri atas standar isi, standar
proses, kompetensi lulusan, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan
prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidkan.Dan standar Nasional
Pendidikan dijadikan acuan dalam pengembangan kurikulum, tenaga Pendidik dan
tenaga kependidikan, pengelolaan, dan pembiayaan. Maka sebagai komunitas Dunia
pendidikan harus mampu melaksanakan kurikulum sebagai rencana dan
pengaturan Mengenai tujuan, isi, dan
bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran untuk mencapai pendidikan tertentu. Mengingat tuntutan
muatan kurikulum terus dikembangkan, baik dalam penguatan
kurikulum dan penataan kurikulum terus disempurnakan. Maka sejalan hal tersebut
perlu dilakukan pelatihan, penataran, workshop bagi setiap stoke holder dunia
pendidikan termasuk di dalamnya pelatihan bantuan tehnis pengembangan kurikulum
dan pusat perbukuan Kemendikbud dalam rangka peningkatan kompetensi setiap
penyelenggara satuan pendidikan dalam
menyusun kurikulum sekolah, termasuk bagaimana mengintegrasikan pendidikan
karakter, kewirausahaan, ekonomi kreatif dan pendidikan anti korupsi.
B. TUjuan
Adapun tujuan dalam
pelaksanaan kunjungan lapangan dalam pelatihan sebagai berikut:
1.
Untuk
melihat secara langsung penerapan atau pelaksanaan KTSP .
2. Untuk mengetahui tatacara dan proses penerapan dari salah satu atau beberapa bagian dari
nilai-nilai yang terdapat pada pendidikan karakter, kewirausahaan, ekonomi
kreatif dan pendidikan anti korupsi yang
tercantum dalam kurikulum sekolah kunjungan.
3. Langkah-langkah dan upaya strategis
dalam penerapan standar Nasional Pendidkan sebagai bagian utama pencapaian
tujuan pendidikan Nasional.
Hasil yang diharapkan dari kunjungan lapangan secara langsung, maka yang diharapkan :
Hasil yang diharapkan dari kunjungan lapangan secara langsung, maka yang diharapkan :
1.
Ada
tidaknya kesesuaian muatan kurikulum sekolah dengan aplikasinya.
2.
Sebagai
barometer apakah kurikulum sekolah kunjungan sudah memenuhi standar
kelayakan atau perlu perbaikan , baik bagi seluruh komponen satuan pendidikan
sekolah kunjungan atau pihak yang kompoten termasuk didalamnya TPK, Dinas Dikpora KSB dan TIM PUSPURBUK yang tidak lagi disangsikan kemampuannya.
BAB II
PELAKSANAAN
A.
Waktu dan Tempat
Pelaksanaan kunjungan terlaksana pada hari sabtu, tanggal 22
September 2012 bertempat di SMP Negeri I
Taliwang
B. Profil Singkat
Sekolah
Identitas sekolah:
-
Nama
sekolah : SMP
Negeri 1 Taliwang
-
NPSN :
50204309
-
Tahun
didirikan : 1963
-
Akreditasi :
B
-
Jumlah
peserta didik : 533
-
Jumlah
Tenaga Pendidik : 37,
-
Jumlah
tenaga Kependidikan : 15
-
Jumlah
Rombongan Belajar : 17
-
Kondisi
Sekolah :
baik
-
Kondisi
Lingkungan Sekolah : bersih dan
tertata rapi
C.
Strategi
Kegiatan
·
Wawancara:
1. Dua orang ditugaskan untuk mewawancarai
kepala sekolah dan guru PAI dengan instrument yang tersedia dalam rangka
mendapatkan bukti fisik dan informasi lain tentang KTSP baik dokumen I dan
Dokumen II juga penanaman nilai-nilai karakter dalam aplikasi KTSP tersebut
2. Observasi kelas terdiri dari 3 orang
untuk melihat hubungan silabus dan RPP sebagai dokumen II
3. Bervasi lingkungan, untuk melihat
secara nyata kondisi lingkungan sekolah yang termuat dalam instrument
lingkungan dan sarpras (pengambilan gambar langsung)
BAB III
HASIL KUNJUNGAN
A. Wawancara
Anggota kelompok V
yang ditugaskan untuk observasi instrument KTSP langsung menemui Kepala Sekolah
SMPN 1 Taliwang di ruangnya. Semua topic yang kami tanyakan langsung dilengkapi
bukti fisik terutama dokumen I dan Dokumen II yang sudah dibukukan secara
lengkap. Sesuai yang terdapat dalam lampiran hasil kegiatan. Kami juga langsung
berdialog dengan guru pendidikan Agama Islam tentang penanaman nilai-nilai karakter,
baik dalam kegiatan pengembangan diri baik yang terprogram maupun yang tidak
terprogram.
B. Observasi kelas.
Ditugaskan 3 anggota kelompok untuk melakukan
observasi kelas disemua tingkat yang sedang berlangsung proses pembelajaran,
adapun yang ditemukan sebagai berikut:
1. Kelas VII. 6.
guru mata
pelajaran bahasa inggris melakukan KBM
dengan tofik mengungkapkan terima kasih. Dalam KBM tersebut tidak ada bukti
fisik berupa silabus dan RPP, tetapi terdapat dalam bentuk Softcopy dan juga dalam
dukumen II kurikulum. Selama KBM semua siswa aktif, tekun, dan bertanggung
jawab sebagai bagian dari nilai karakter.
2. Kelas VIII.
guru mata
pelajaran bahasa inggris melakukan KBM
dengan tofik Narating Past event. Dalam KBM
tersebut ada bukti fisik berupa silabus
dan RPP, tetapi terdapat dalam bentuk Hardcopy dan juga dalam dukumen II
kurikulum. Selama KBM , nilai karakter yang ditanamkan adalah kerjasama dan
rasa empati.
3.Kelas IX
guru mata
pelajaran fisika melakukan KBM dengan tofik Kelistrikan . Dalam KBM tersebut
tidak ada bukti fisik berupa silabus dan RPP, hanya terdapat dalam bentuk dukumen II kurikulum. Selama KBM Guru sangat
jelas dan kumunikatif dalam menyampaikan materi yang mampu menumbuhkan minat
belajar peserta didik.
Siswa aktif, tekun, kerja sama dan
teliti dalam menghitung nilai potensial listrik sebagai nilai pendidikan
karakter.
C.
Observasi Lingkungan
- Tanaman tertata rapi, rindang dan
bersih
- Halaman depan sekolah sedang dalam
tahap renofasi
- Setiap kelas memiliki bak sampah dan
alat-alat kebersihan .
- Memiliki TPA
yang berada di belakang kelas VIII.1.
- Masih perlu diupayakan media
informasi berupa poster, stiker dll.
- Fasilitas penerangan yang lebih
memadai .
- Dibudayakannya Senyum, Salam, salim,
dan sapa
- Terdapat nya 2 ruang kelas yang tidak memajang poto
presiden dan wakil Presiden serta lambang Negara.
- Setiap kelas terpajang hasil karya
anak
- Buku kunjungan tertata baik .
- Terdapat kurang lebih 5000 eksamplar
buku dengan beberapa judul
- Perpustakaan sering kunjungi oleh
peserta didik yang tercatat dalam buku kunjungan
- MCK perlu ditambah segera karena
tidak sebanding dengan jumlah siswa
D.
Observasi Sarana dan Prasarana
-
Jumlah
gedung kelas mencukupi jumlah rombel
-
Memiliki
laboratorium IPA, bahasa Indonesia-Inggris dan TIK yang lengkap
-
Memiliki
perpustakaan yang memadai
-
Memiliki
3 kantin untuk melayani kebutuhan siswa
-
Memiliki
tempat ibadah
BAB
IV
KESIMPULAN
DAN REKOMENDASI
A. Kesimpulan
1. Kelengkapan dokumen I dan dokumen II secara
kolektif dan mengikuti perubahan yang berkembang menjadi tolak ukur SMPN 1
Taliwang, layak menjadi SSN di KSB
2. Dalam struktur dokumen I, Bab II akan
mengadaptasikan penanaman nilai dan revisi kurikulum dalam waktu dekat
B. Rekomendasi
Sebaiknya dalam
pengembangan diri baik terprogram ataupun tidak terprogram diuraikan dalam
bentuk format atau kolom
Guru yang hanya
memiliki softcopy silabus dan RPP dalam KBM, sebaiknya harus ada hardcopy
sebagai bukti fisik.
C. Lampiran-lampiran
Foto
Instrumen hasil
wawancara, observasi, kunjungan kelas dalam pembelajaran